ARASHI no kazoku

ARASHI no kazoku

Kamis, 20 Februari 2014

Pertama Kali Ngurus Paspor

Gimana rasanya? Yah bisa dibilang excited. Kenapa? Yah mungkin karena baru pertama kali ngurus paspor. Sampe direncanain pergi jam berapa dan hal-hal apa aja yang mesti disiapin.
Awalnya aku dan Nur berencana langsung datang ke Kanim (Kantor Imigrasi) Khusus Kelas I yang ada di Jalan Gatot Subroto Km 6,2 No. 268 A pada hari Selasa pagi. Tapi malamnya Nur sms bilang kalo ada yang online. Penasaran ama yang online, aku langsung surf di Internet. Ternyata udah banyak yang nulis tentang pembuatan paspor sistem online, salah satunya backpackeralone.com (makasih banget infonya bang). Dari A-Z pembuatan paspor dikasi tau. Dari yang online sampe yang manual.

Kalo yang diatas tu versi bang Reza, yang ini versi Dila.

Senin, 9 Des 2013 (malam)
Abis baca-baca blognya bang Reza, aku coba cari website resminya Keimigrasian. Gak susah kok, tinggal browsing di Google dan Fualla ketemu ipass.imigrasi.go.id.

Buat buka halaman ini dibutuhkan banyak kesabaran. Gak tau karena servernya lama atau memang koneksi internetku yang lama. Setelah itu aku pilih pra permohonan paspor.

Kalo udah tersambung ke pra permohonan paspor, bakal ada data diri yang harus diisi. Bagi kamu yang mau buat paspor baru, silahkan dipilih paspor baru yang 48 halaman. Baca baik-baik hal yang harus diisi, terus tekan tombol lanjut. oh ya, jangan lupa buat nama belakang dengan Binti atau Bin kalo gak pengen nama kamu tertukar dengan orang lain atau kalo misalnya pengen berangkat haji atau umrah, hal ini penting lho. Soalnya nama yang mereka mau lebih dari 3 suku kata. Bagi kamu-kamu yang namanya 1 atau cuma 2 kata, ku saranin buat begitu deh.

Setelah tekan tombol lanjut, akan muncul jendela untuk ngisi alamat dan biodata orang tua. Diisi sesuai keadaan sebenarnya ya. Dan klik tombol lanjut kalo semua data udah benar.

Jendela selanjutnya adalah jendela upload dokumen. Disini bagi kamu yang udah punya KTP sendiri, yang mesti kamu upload adalah KTP, Ijazah/Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga. Tapi bagi kamu yang dibawah 17 tahun, silahkan sertakan juga buku nikah orang tua. Semua berkas di scan warna hitam putih dan di upload di tempat yang disediakan. Ukuran mesti dibawah 300kb. Walaupun diatas ketentuannya 100kb sampe 1Mb, tapi kenyataannya cuma 100kb – 300kb. Jadi sebelum di Upload pastikan ukurannya pas ya, kalo punya kamu gak mau ditolak.

Setelah semuanya selesai kamu bakal disuruh isi capcha, tenang capcha-nya gampang kok. Dan pilih lanjut. Akhirnya kamu akan diberi tahu kalo permohonan paspor kamu akan diproses, disitu akan kelihatan bukti permohonan yang berwarna biru, klik disana dan pra permohonan paspor kamu selesai. Kalo gak ketemu .pdf yang berisi permohonan paspor kamu. Buka aja email yang alamatnya kamu isikan di biodata tadi (ingat alamat email mesti yang valid dan masih aktif, kalo gak kamu ntar yang susah), disana bakal ada attachment. Kamu bisa download dari sana.

Setelah berkutat dengan pengisian form juga nge-upload kurang lebih dua jam. Selesailah pra permohonan pasporku, disini aku buat hari Kamis, 12-12-2013. Terserah sih mau buat kapan aja. Tapi aku mau aman dengan buat dua hari setelah pengisian.

Rabu, 11 Des 2013
Sebelum ke Dinas Pertanian untuk melakukan urusan penelitian, aku mapir ke BNI untuk setor uang. Ternyata di BNI biaya yang seharusnya 255.000 bertambah jadi 260.000, alasannya adalah uang administrasi. Oke, setelah selesai bayar, aku langsung cau ke Dinas Pertanian.

Selesai dari Dinas Pertanian, karena waktu masih jam 10, aku penasaran pengen liat Kanim itu dimana (sekalian hunting biar gak kesasar besok, hehehe). Rame banget, itu hal yang pertama kali aku bilang. Kanim Gatsu ini udah kayak tempat ngantri sembako, serius. Mobil banyak banget, belum lagi motor yang tempat parkirnya udah gak ada lagi, ckckck. Ngikutin saran bang Reza, aku masuk buat nagmbil formulir. Disana aku disambut dengan banyaknya manusia di dalam sana. Ini seriusan semua mau ngurus paspor, batinku. Waktu aku minta formulir, si abang yang jagain didepan bilang kalo datang supaya lebih pagi, dan aku pun meng-iyakan.

Kamis, 12 Des 2013
Aku berangkat dari rumah kira-kira jam 7 pagi. Aku kira kalo aku sampe jam setengah 8 orang belum terlalu rame, karena kantor baru buka jam 8. Jadilah aku perginya agak lama. Ternyata sampe disana jangankan rame. Orang udah pada duduk ngantre di depan loket permohonan paspor (buset, nih orang-orang dari jam berapa sih disini). Waktu aku nyerahin berkas di depan, abang yang jagain bilang kalo aku yang ke- 89, wah. Ada ibu-ibu yang nyaranin aku datang lebih pagi, kalo bisa jam 6, biar berkasnya diterima (dia pikir aku telat, makanya dikasi saran). Tapi, ibu-ibu tadi bener kok. Kalo kamu gak mau waktu kamu terbuang percuma nunggu nomor antrian kamu dipanggil ke counter Permohonan paspor, kamu harus datang paling gak jam 6 buat ngasi berkas kamu ke Satpam yang jaga shift malam sampe pagi. Ntar kamu dapat nomor antrian atas deh.

Oke, aku harus nunggu sampe namaku dipanggil. Sampe kira-kira setengah 10, akhirnya namaku dipanggil, akhirnya. Dan kalian tau berapa nomor antrian ku 099, amazing bukan. Padahal nomor antrian yang baru terpanggil masih sampai 23. Mau berapa lama lagi aku nunggu. Waktu udah menunjukkan pukul 10.50 dan aku H2C (harap-harap cemas) sempet gak aku foto dan wawancara langsung. Ternyata sampe jam 11.00 antrian masih 74 dan loket untuk foto dan wawancara resmi ditutup. Aku harus datang lagi besok buat foto dan wawancara, thanks. Sampe jam 11.30 antrian masih 90, serius aku makin H2C disini, karena menurut ibu-ibu yang disebelah ku waktu nunggu, Kanim istirahat jam 12.00 dan buka lagi kira-kira 13.30, dan itu artinya aku harus nunggu lagi (oh, no). Aku terus doa supaya nomor antrianku dipanggil cepat, Allah mendengar doaku dan akhirnya 11.45 nomor antrianku akhirnya dipanggil senengnya.

Abang yang di loket 4 sadar kalo aku pemohon online langsung bertanya-tanya kenapa aku gak langsung ke loket aja. Karena pemohon online cuma nunjukin berkas buat di verifikasi, that’s all. Aku ngedumel sendiri deh ke tu abang, karena semua staf di Kanim itu gak pengen banget aku tau kalo prosedurnya begitu. Semua yang ku tanya nyuruh ngatri dulu, nyebelin. Gak sampe 15 detik, tuh abang nyuruh aku langsung ke loket foto dan wawancara, tanya bisa gak langsung foto. Tapi nasib berkata lain, si kakak yang jaga loket gak ngasi dan nyuruh aku datang besoknya, makasi ya, kak (sarkastik). Aku ngabisin hampir 4 jam cuma untuk verifikasi selama beberapa detik, huh. Capek.

Saran buat kamu-kamu yang udah online. Silahkan langsung ke loket 4 aja kalo lagi kosong. Ini memang bener peraturannya kok. Ada ditulis disana. Jadi, jangan takut buat langsung kesana, kamu gak menyalahi aturan jadi kamu pasti dilayani. Jangan kayak aku yang harus nunggu hampir 3,5 jam untuk 15 detik.

Jum’at, 13 Des 2013
Belajar dari pengalaman kemaren, hari jum’at aku datang jam 7.10. Kalo kamu pikir bakalan sepi, kamu salah. Udah ada banyak orang yang ngantre, wuah. Yang aku nunggu kira-kira 15 menit sampe kantor di buka. Eh, ternyata di loket foto dan wawancara udah ada yang ngeletakin berkas, aku telat lagi T.T. Ibu-ibu yang ada disitu langsung nyuruh aku narok berkasku disana. Aku turutin aja, mudah-mudahan aku dapat antrian 10-an gitu deh. Amin. Setelah nunggu ampe hampir setengah 9 akhirnya  satu persatu nama dipanggil dan dikasi no antrian. Kalian tau aku dapat nomor berapa 005, hahaha. Akhirnya bisa cepat pulang. Cukup nunggu kira-kira 7 menit no ku dipanggil dan aku mulai foto dan wawancara, kurang dari 1 menit semuanya selesai dan aku boleh pulang. Akhirnya pulang cepat. Tinggal nunggu 3 hari kerja sampe pasporku selesai. Rabu, I’m coming… ^_^   

Rabu, 18 Desember 2013
Hari ini, datangnya gak mesti pagi.. yaay.. Hari ini aku di SMS jam 9 pagi. Isi SMS-nya,
“Paspor a/n Nurul Fadhilah sudah dapat diambil ke Kanim. Terima kasih Atas Kerja Samanya”.
Finally, akhirnya paspor ku selesai, yey.. Aku putusin buat dating sekitar jam 10. Kirain antrian bakal panjang. Tapi untungnya pengambilan paspor gak seantri pengurusan. Jadi, setelah aku sampe dan ngasi bukti pengurusan paspor ke abang penjaga loket. 1 menit kemudian dipanggil dan passport saya jadi.. hehehe
Gimana rasanya punya paspor?

Pastinya exited n’ gak nyangka akhirnya selesai juga.. yatta..

Pasporku



Antrian yang panjang


Tanda Masuk (Gak penting)

Arashi-san can't wait to see ya..

Beloved Arashi-san

Nino wait for me .. hahahaha


Tidak ada komentar: